Mengenali Ciri, Tanda, dan Gejala Wanita Hamil


Kehadiran seorang anak adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Dengan adanya anak diharapkan keluarga menjadi lebih berwarna dan bahagia. Kehamilan adalah berita yang membahagiakan, namun ciri-ciri ataupun tanda-tandanya harus dikenali sejak awal sehingga dapat lebih menjaga diri dan tahu apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan ketika hamil.

Perut Lebih Besar
Seorang wanita yang hamil biasanya memiliki perut yang lebih besar dibanding perempuan yang tidak hamil dan terlihat berbeda dengan wanita yang gemuk.

Sakit Perut, Mual dan Muntah
Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami perubahan kadar esterogen yang membuat sistem kerja pencernaan terganggu dan juga meningkatkan kadar asam lambung. Wanita yang mengalami gejala ini terkadang mencurigai dirinya hamil dan segera melakukan tes kehamilan dengan testpack atau berkonsultasi ke dokter. Untuk mengurangi rasa mual, kurangilah porsi dalam setiap kali makan. Selain itu perhatikan langkah ketika berjalan agar tidak terlalu cepat. Minumlah minuman yang hangat seperti wedang jahe atau air hangat agar rasa mual berkurang.

Sakit Kepala
Rasa pusing dan sakit kepala dapat muncul ketika hamil dikarenakan peningkatan sirkulasi darah akibat perubahan hormon. Selain itu, sakit kepala juga bisa muncul karena kurangnya kadar gula dalam tubuh. Bila sakit kepala terasa semakin parah, konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Nafsu Makan Berkurang
Karena tubuh yang terasa tidak enak akibat sakit perut, mual, ataupun sakit kepala, biasanya nafsu makan seorang wanita yang sedang hamil menjadi berkurang. Kadar asam lambung yang tinggi juga dapat membuat lidah menjadi terasa lebih pahit.

Rasa Lelah Yang Mendalam
Rasa Lelah yang luar biasa bisa dirasakan oleh wanita yang sedang hamil karena tubuh bekerja keras untuk memompa hormon dan darah agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan sang ibu. Pada intinya tubuh bekerja ekstra dibanding ketika tidak hamil sehingga rasa lelah yang mendalam pun dirasakan.

Terlambat datang bulan
Pada saat hamil, sel telur yang sudah dibuahi tidak akan dikeluarkan melalui proses menstruasi dan ovarium pun tidak memproduksi sel telur baru sehingga wanita mengalami terlambat datang bulan. Hal ini adalah salah satu tanda kehamilan yang umum dirasakan oleh wanita yang hamil.

Mood Berubah
Ketika hamil, biasanya seorang wanita menjadi lebih emosional serta sensitif dan mudah tersinggung. Hal ini bisa juga disebabkan oleh faktor fisik yaitu kelelahan tubuh dan rasa sakit yang ditanggung oleh wanita yang sedang hamil. Bila sedang hamil, jauhilah aktivitas yang dapat membuat tubuh semakin lelah dan dapat meningkatkan emosi.

Comments

  1. Wynn Las Vegas and Encore - Hotels - JTM Hub
    Wynn and Encore Las Vegas offer elegant yet luxurious accommodations, 광주 출장안마 signature 사천 출장샵 restaurants, 목포 출장샵 exciting 대전광역 출장샵 leisure activities, 제주도 출장안마 and first-class

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami