Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Mengobati Penyakit Influenza


Flu atau influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza dimana biasanya virus ini menyerang sistem pernafasan (hidung,tenggorokan, dan paru-paru). Virus flu ini memiliki masa inkubasi (Periode diantara mulainya infeksi hingga timbul gejala pertama dari penyakit) sekitar satu sampai tiga hari. Penularan flu dapat melalui udara, ingus, atau kontak fisik.

Gejala

1. Demam

Demam merupakan proses atau reaksi kekebalan tubuh melawan infeksi virus yang dapat dirasakan saat suhu tubuh lebih dari atau sama dengan 38 derajat celcius atau ketika suhu tubuh kurang dari 36 derajat celcius. Gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh bila terasa panas.

2. Batuk
Salah satu penyebab batuk adalah terganggunya sistem pernafasan dalam tubuh kita akibat virus.

3. Pusing atau Sakit Kepala
Ketika saluran pernafasan terganggu otomatis oksigen yang dihirup oleh hidung menjadi tidak maksimal sehingga tubuh kekurangan oksigen dan kita merasa pusing.

4. Sakit Tenggorokan
Biasanya sakit tenggorokan dirasakan karena adanya infeksi bakteri atau virus di saluran pernafasan bagian atas.

5. Bersin
Bersin adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan virus dan bakteri secara paksa.

6. Sulit Tidur
Ketika tubuh terasa tidak nyaman karena sakit, bisa saja seseorang mengalami kesulitan tidur. Untuk itu, kondisikan tubuh dan lingkungan untuk tidur senyaman mungkin agar bisa tidur dan tidak mengalami gangguan tidur.

Cara Mencegah atau Pencegahan

1. Istirahat Cukup

Dengan beristirahat dan tidur yang cukup, tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak rentan terserang penyakit termasuk penyakit Influenza.

2. Vaksinasi Flu
Vaksinasi Flu adalah salah satu langkah pencegahan yang dilakukan agar tidak terkena penyakit Influenza. Namun sebelum melakukan vaksinasi, pastikan bahwa tubuh tidak alergi terhadap bahan-bahan vaksin tersebut. Jika tubuh alergi, dapat timbul efek samping yang negatif dan bisa menimbulkan penyakit.

Pengobatan / Penyembuhan

1. Istirahat Cukup

Orang yang sakit memerlukan istirahat dan tidur yang cukup agar cepat pulih dari sakitnya.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan atau Minuman Yang Dingin
Makanan atau minuman yang dingin dapat memperparah penyakit flu. Lebih baik konsumsi makanan dan minuman yang hangat dan bergizi agar tubuh semakin kuat melawan penyakit Flu.

3. Pergi Ke Dokter dan Minum Obat
Konsultasikan penyakit ke dokter dan minumlah obat yang sudah diberikan oleh dokter. Ikuti saran dokter dan jangan lupa mengonsumsi obat sesuai dosis yang diberikan, bila perlu pasanglah alarm agar tidak lupa meminumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami