Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami


Mata adalah salah satu panca indera yang sangat berguna bagi kehidupan kita. Tanpa mata kita tidak bisa melihat dan akan sangat kesulitan beraktivitas, bahkan dunia ini hanya akan terasa gelap, hampa, dan kosong. Dengan mata yang sehat, dunia akan terlihat lebih indah dan berwarna. Oleh karena itu, mata perlu dipelihara dengan baik, dijaga, dan dirawat agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi Makanan, Minuman dan Vitamin Yang Baik Untuk Mata. Berikut beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata.

Telur
Telur mengandung Lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah degenerasi makular dan katarak. Degenerasi makular merupakan kondisi medis yang kronik dan tidak dapat pulih dimana menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina.

Ikan
Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula, dan juga katarak. Contoh ikan yang memiliki kandungan tersebut adalah salmon, sarden, dan tuna.

Buah-buahan
Contoh buah yang bagus untuk mata adalah Wortel, Pepaya, Jeruk, Mangga, Stroberi. Wortel kaya akan vitamin A berbentuk betakaroten yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A bekerja dengan cara membantu mengonversikan cahaya yang diterima oleh mata menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan ke otak.

Sayuran Hijau
Bayam memiliki kandungan Vitamin A, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Kandungan Lutein dan Zeaxanthin pada sayur bayam dapat berfungsi untuk perlidungan bagi retina mata dan menjaga dari risiko terjadinya degenerasi macula karena usia.

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Jika ada riwayat penyakit mata atau terasa tidak enak pada bagian mata, sebaiknya melakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter.

Menggunakan Kacamata Anti Radiasi
Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang khusus dibuat untuk melindungi penglihatan mata kita ketika menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya. Kacamata ini akan terasa berfungsi ketika menggunakan komputer dalam waktu yang lama.

Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Mata
Tangan yang kotor dan menyentuh mata akan membuat kuman yang terdapat pada jari atau tangan berpindah ke mata sehingga mata dapat mengalami masalah kesehatan seperti infeksi atau peradangan.

Mengistirahatkan Mata
Setelah berjam-jam di depan komputer, mata kita akan mengalami kelelahan. Untuk itu, bagi karyawan atau pelajar, istirahatkan mata dan pikiran anda ketika jam istirahat sehingga saat sudah waktunya kembali bekerja dan belajar, kita sudah siap dan segar kembali.

Tidur Cukup
Tidur yang cukup sangat diperlukan agar tidak mengantuk saat beraktivitas di siang hari. Ketika tidur, mata yang lelah dapat beristirahat sehingga nantinya dapat digunakan kembali untuk beraktivitas ketika sudah bangun.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna