Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Suatu makanan dapat dikategorikan sebagai 4 sehat 5 sempurna jika makanan tersebut mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh dan mampu memenuhi gizi yang dibutuhkan. Makanan tersebut terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran atau sayur-mayur, Buah-buahan, dan susu. Tentu saja jika kita lihat kandungan dari masing-masing makanan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa makanan 4 sehat 5 sempurna mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Makanan Pokok


 
Pengertian makanan pokok adalah makanan yang mengandung gizi dasar, biasanya mengandung karbohidrat. Contoh makanan pokok adalah nasi, jagung, dan umbi-umbian (kentang dan singkong). Makanan pokok sangat diperlukan tubuh karena berfungsi sebagai sumber energi.

Lauk Pauk

 
Lauk pauk biasanya mengandung banyak protein dan berfungsi untuk membangun jaringan tubuh serta mengganti sel-sel yang rusak, melarutkan vitamin, juga menjaga keseimbangan asam basa. Contoh lauk pauk yang mengandung protein ialah ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe.

Sayuran

 
Sayuran merupakan sumber serat dan kandungan mineral, serta vitamin. Sayuran dapat disajikan dengan berbagai cara. Ada yang bisa langsung dimakan, namun ada juga yang perlu pengolahan terlebih dulu. Contoh yang bisa langsung dimakan adalah sayur bayam. Sayur Bayam cukup dicuci bersih lalu dapat langsung disantap dengan nasi atau makanan lainnya. Contoh yang dapat diolah adalah wortel yang dapat dijus lalu diminum.

Buah


 
Buah-buahan biasanya kaya vitamin dan mineral serta memiliki kandungan air yang tinggi. Contoh buah-buahan adalah jeruk,apel, mangga, salak, kelengkeng, semangka, dan melon.

Susu dan Produk Olahannya



Susu adalah produk penyempurna dari daftar menu makanan 4 sehat yang sudah ditulis di atas. Susu bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi serta kecantikan kulit. Kandungan magnesium dari susu dapat menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tubuh lebih kuat dan tidak mudah lelah.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami