5 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Di tengah kesibukan beraktivitas seringkali orang melupakan kesehatan tubuhnya dan lebih mementingkan aktivitasnya. Masalah kehidupan yang begitu banyak sudah tidak membuat orang ingat terhadap kondisi fisiknya yang harus tetap dijaga agar fit dan selalu sehat. Dengan terus menjaga kondisi fisik, kita akan terhindar dari penyakit mematikan di waktu muda. Inilah beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Istirahat Cukup dan Teratur




Seiring bertambahnya kedewasaan, banyak pula tanggung jawab dan tugas yang harus dikerjakan. Hal tersebut membuat tidak bisa mengatur waktu untuk beristirahat ataupun tidur. Tidak sedikit yang harus lembur hingga larut malam atau pagi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Terlalu memforsir diri dapat menimbulkan penyakit yang diawali dengan penyakit ringan dan dapat berakhir dengan penyakit yang sangat parah. Tentunya tidak ada seorang pun yang menginginkan hal tersebut. Aturlah waktu untuk beristirahat jika memang fisik membutuhkannya, terutama di luar jam kerja dan pada saat malam hari. Kurangnya tidur saat malam hari dapat membuat pekerjaan keesokan harinya kurang efektif yang disebabkan oleh rasa kantuk yang masih tersisa.

2. Olahraga Secukupnya




Selain beristirahat cukup, manusia juga perlu berolahraga secara teratur agar tetap sehat. Fungsi berolahraga antara lain mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung dan pembuluh darah, mengurangi stress, dan masih banyak lagi. Dengan berat badan yang ideal, tentunya akan mengurangi resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan berat badan berlebih atau kekurangan berat badan. Olahraga seperti lari pagi atau jogging juga mampu menyehatkan jantung serta memperlancar peredaran darah karena tubuh kita digerakkan. Olahraga di pegunungan atau alam bebas seperti hiking juga dapat melepaskan stress terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan dan jarang melihat ruang terbuka hijau. Masih banyak contoh olahraga lain yang sangat bermanfaat bagi kehidupan, misalnya berenang. Dengan kemampuan tersebut, orang tidak perlu takut bila tercebur di kolam ataupun lautan karena bisa berenang ke pinggir atau menepi ke darat dengan cara berenang. Memang bila di tengah laut keadaannya lebih mengerikan dibandingkan di kolam renang yang tidak terlalu dalam, namun bagi perenang profesional yang sudah terlatih fisik dan mentalnya, hal tersebut tidak menjadi masalah.

3. Minum Vitamin


Vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap penyakit sehingga kita lebih kebal terhadap penyakit yang berusaha meracuni tubuh kita. Namun kelebihan vitamin juga tidak bagus karena ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh malah dapat menimbulkan penyakit baru. Untuk itu, Vitamin yang diminum juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Bila perlu, mintalah saran ke dokter mengenai vitamin yang diperlukan untuk diminum. Jika menginginkan vitamin yang organik, konsumsilah buah-buahan segar yang bisa dibeli di pasar atau supermarket terdekat.

4. Menjaga Kebersihan




Bersih pangkal sehat, kira-kira itulah nilai yang ditanamkan dalam diri kita dari sejak kecil. Di tempat yang kotor banyak sekali bakteri dan virus yang tinggal sehingga menjadi sarang sakit penyakit. Bila kita melihat tempat sampah maka kita akan menyadari betapa pentingnya hidup bersih. Mandilah minimal 2 kali sehari, yaitu pagi sebelum berangkat sekolah atau bekerja dan setelah pulang dari tempat kerja atau sekolah. Sikatlah gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, yaitu pagi setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan hindari banyak jajan di luar, terutama di tempat yang sudah jelas kotor.

5. Makan teratur


Makan secara teratur menjadi hal yang penting bagi semua orang karena tubuh memerlukan bahan bakar untuk beraktivitas. Tanpa makanan yang cukup, seseorang bisa tidak fit ataupun terkena penyakit. Bagi penderita sakit lambung atau maag, makan secara teratur menjadi hal yang wajib untuk dilakukan karena jika tidak, bisa saja sakit lambungnya kambuh. Makanlah 3 kali sehari, jam 6 pagi, jam 12 siang, dan jam 6 sore. Bila terasa lapar di luar jam tersebut, bisa mengonsumsi makanan kecil, atau bila masih terasa kurang dan tidak wajar, silahkan konsultasi ke dokter.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami