6 Gerak Badan dan Olahraga di Alam Terbuka dan Ruang Tertutup

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat menyehatkan tubuh dan membakar lemak. Dengan berolahraga, badan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit selama dilakukan dengan tepat dan teratur. Olahraga memiliki berbagai macam jenis dan cabang. Diantara olahraga tersebut ada yang dapat dilakukan di alam terbuka, ada yang di ruang tertutup, dan ada juga yang dapat dilakukan di ruang terbuka ataupun tertutup. Berikut 6 olahraga yang dapatdilakukan di alam terbuka maupun ruang tertutup.

1. Bulutangkis 


Bulutangkis atau badminton merupakan olahraga yang memerlukan raket dan kok dengan tujuan memukul kok melewati jaring agar kok tersebut jatuh di area lawan. Badminton dapat dilakukan di alam terbuka ataupun ruangan tertutup. Olahraga ini dapat dilakukan secara berpasangan atau tim 2 lawan 2 ataupun single 1 lawan 1. Jika untuk sekedar bermain dan bukan mengikuti kejuaraan atau menjadi profesional, badminton dapat dilakukan tanpa menggunakan net, namun tetap harus ada raket dan kok. Cukup mencari tempat yang sepi dan cukup luas untuk bermain agar tidak mengganggu orang lain.

2. Jogging


Jogging adalah olahraga jalan atau berlari dengan kecepatan rendah. Jogging dapat dilakukan pada pagi hari atau sore hari saat panas atau terik matahari tidak menyengat dan ketika ada waktu senggang. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh tanpa membuat tubuh cepat lelah.

3. Basket

Olahraga basket dapat melatih otot kaki dan kelincahan serta kelenturan tubuh. Untuk memasukkan bola basket ke ring lawan dibutuhkan tenaga, arah, dan bidikan yang tepat. Lawan yang menghadang pun menjadi salah satu rintangan tersendiri sehingga dibutuhkan teknik yang tepat untuk dapat melewatinya. Latihan intensif sangat dibutuhkan untuk menjadi pemain basket profesional. Pemain basket profesional dapat mengikuti kompetisi nasional atau internasional untuk menguji kemampuannya.

4. Futsal


Untuk menjadi profesional dalam olahraga futsal, dibutuhkan kelincahan dan kecepatan kaki. Kemenangan diperoleh dengan mendapatkan poin tertinggi, dimana poin diperoleh dari memasukkan bola ke gawang lawan. Biasanya permainan ini dilakukan oleh 2 tim dimana masing-masing tim beranggotakan 5 orang. Untuk memainkan olahraga ini, kita dapat menyewa lapangan futsal.

5. Voli

Permainan voli membutuhkan teknik, kekuatan, dan kecepatan tangan dalam memainkan bola voli. Permainan tim dalam Olahraga Voli membutuhkan kekompakan dan latihan untuk melatih kerjasama tim. Voli dapat dilakukan di lapangan terbuka, di pantai, ataupun dalam ruang tertutup.

6. Berenang


Berenang merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di air dengan menggerakkan tubuh. Berenang dapat melatih otot tangan dan kaki sehingga tubuh terlihat lebih atletis. Selain itu, dengan kemampuan berenang, kita tidak perlu takut lagi bila berada di air karena meskipun tercebur, kita tetap dapat berenang ke darat. Renang juga salah satu olahraga yang dilombakan dalam tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Biasanya olahraga berenang dilakukan di alam terbuka atau meskipun di kolam renang, atapnya pun tidak ada.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami