Cara dan Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat


Berat badan yang ideal tentunya adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Selain good looking, dengan berat badan yang ideal, sudah pasti banyak penyakit yang dapat dihindari. Sayangnya, menurunkan berat badan bukan hal yang mudah untuk semua orang. Dibutuhkan adanya komitmen dan niat yang kuat untuk melakukannya terutama dalam menjaga pola dan nafsu makan. Tanpa komitmen dan niat yang kuat, bisa jadi program penurunan berat badan berhenti atau gagal di tengah jalan. Contohnya, ketika seseorang ingin diet tapi tidak mampu menahan keinginannya untuk makan sate ayam, maka pada akhirnya tidak jadi diet malah bertambah gemuk. Berikut Cara dan Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat.

1. Mengurangi porsi makan
Makanan memang menjadi energi penggerak utama bagi tubuh kita. Tanpa makan, kita tidak mungkin beraktivitas dengan baik dan lancar, namun ketika ingin menurunkan berat badan bukan berarti kita tidak makan sama sekali, hanya mengurangi porsi makan kita. Sesuaikan porsi makan dengan batas minimal untuk dapat beraktivitas dengan baik. Misalnya, ketika biasanya makan satu piring nasi penuh, cobalah kurangi menjadi 3/4 atau setengah piring nasi. Pengurangan porsi makan jangan sampai menimbulkan penyakit seperti pusing, sakit perut, atau sejenisnya. Pada intinya, untuk menurunkan berat badan, makan tidak perlu kenyang, yang penting perut terisi dan tidak ada gangguan atau efek samping negatif dari pengurangan porsi makan tersebut.

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula
Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan dapat membuat berat bedan berlebih dan juga bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes melitus. Salah satu makanan yang mengandung gula dan sering dikonsumsi adalah nasi. Untuk itu, kurangilah konsumsi nasi dan perbanyak lauk yang tidak mengandung gula seperti sayuran.

3. Hindari mengonsumsi Junk Food
Junk food memang identik dengan fast food, namun sebenarnya arti 2 kata tersebut berbeda. Fast food merupakan makanan yang disajikan secara cepat, contohnya seperti buah segar yang dapat langsung kita makan. Berbeda dengan fast food, junk food adalah makanan dengan nutrisi yang sedikit dan biasanya cenderung tidak sehat serta nutrisinya tidak cukup untuk kebutuhan badan. Contoh junk food adalah burger.

4. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga yang dilakukan dengan tepat dan teratur dapat membakar lemak, menurunkan berat badan, dan menyehatkan tubuh. Olahraga tidak harus mengeluarkan biaya yang besar atau di tempat yang terbuka. Olahraga dapat dilakukan di ruangan atau tempat tertutup, bahkan di kamar tidur sekalipun. Contohnya adalah push up dan sit up yang dapat dilakukan ketika bangun tidur.

5. Konsumsi Minuman untuk Diet
Minumlah minuman alami untuk diet seperti air lemon dan jeruk nipis yang mengandung vitamin C dan berguna untuk melunturkan lemak.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami