Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pada Kulit Wajah

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang disebabkan oleh  tersumbatnya pori-pori pada kulit sehingga timbullah kantong nanah yang meradang. Berbeda dengan komedo, jerawat ditandai dengan adanya bintik-bintik yang umumnya banyak dijumpai di bagian wajah. Jerawat dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu jerawat biasa dan jerawat batu. Jelas saja jerawat ini sangat mengganggu terutama bagi kaum hawa yang perlu tampil cantik dan menawan. Bila jerawat tidak dibasmi, pori-pori kulit dapat tersumbat oleh kotoran sehingga bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih serius lagi. Kategori umur yang rentan terkena jerawat adalah usia remaja sekitar umur 13-18 tahun. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan usia diluar jarak tersebut tidak rentan terkena jerawat. Kulit yang sensitif terhadap perlakuan tertentu juga dapat menimbulkan jerawat. 

Inilah beberapa penyebab dan cara menghindari timbulnya jerawat pada kulit.

1. Tidak Bersih
Setelah berolahraga atau beraktivitas, biasakanlah mandi dan mencuci wajah serta keramas sehingga badan tetap bersih dan terhindar dari penyakit kulit. Bila tidak mencuci bagian tubuh yang berkeringat atau berdebu atau terkena kotoran, bagian tersebut bisa timbul jerawat karena kita tidak membersihkannya karena pori-pori kulit tersumbat kotoran. Semakin banyak bagian yang tidak bersih, maka kemungkinan jerawat yang muncul dapat semakin banyak.

2. Produksi Minyak Berlebih

Setiap orang memiliki tingkat produksi minyak tersendiri, mulai dari produksi minyak yang banyak hingga sedikit. Produksi minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat, oleh sebab itu sebaiknya kurangi makanan berminyak dan gunakan sabun cuci muka yang dapat mejaga produksi minyak agar tidak berlebihan.

3. Efek Samping Kosmetik atau Obat

Obat atau Kosmetik yang tidak cocok pada tubuh kita dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, telitilah terlebih dahulu efek samping obat atau kosmetik sebelum menggunakan atau mengonsumsinya agar tidak menimbulkan jerawat. Bila perlu konsultasikan ke dokter spesialis langganan agar lebih tepat dalam penggunaan obat dan kosmetik.

4. Bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes adalah bakteri pemicu jerawat yang dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan asam lemak yang dikeluarkan kelenjar minyak. Untuk mengobati infeksi bakteri ini, gunakanlah antibiotik.

5. Kondisi Jiwa

Masing-masing orang memiliki tingkat emosi dan stress tertentu sehingga saat stress tersebut terpicu, tanpa sadar fisik pun merespon dengan timbulnya jerawat pada kulit.

Comments

Popular posts from this blog

Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi Stress Pikiran

Dasar,Manfaat,Fungsi, dan Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami